Modul 1.1 Refleksi Filosofi Guru Penggerak
Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara menjadi titik awal CGP menjadi agen perubahan dalam transformasi pendidikan di sekolah. Pada Modul 1.1. ini, akan membahas lebih mendalam, dan mendemonstrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal; serta bersikap reflektif kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.
Mulai dari diri
Dimulai dengan membuat refleksi kritis tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, selanjutnya menuliskan harapan dan ekspektasi setelah mempelajari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Eksplorasi Konsep
Pada tahap ini, CGP membaca beberapa konsep filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara seperti Trilogi Pendidikan, pembelajaran harus menghamba pada anak, mengakomodir kodrat alam dan kodrat zaman anak serta tujuan pendidikan.
Ruang Kolaborasi
Refleksi Terbimbing
Pada tahap ini, setelah CGP membaca materi dan menjawab beberapa pertanyaan tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, CGP memetakan kekuatan yang ada pada dirinya dan perubahan konkret yang akan dilakukan setelah memahami filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Demonstrasi Kontekstual
Di tahap ini CGP membuat karya teks verbal atau visual untuk menggambarkan pemahaman CGP tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.
https://drive.google.com/file/d/17FusCeYmXYrJ-7RKoca510VJ2FRTRzUH/view?usp=sharing
Elaborasi Pemahaman
CGP mendengarkan langsung paparan konsep Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara oleh Persatuan Perguruan Taman siswa.
Koneksi Antar Materi
Menyimpulkan dan menjalaskan kembali pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara.
https://www.youtube.com/watch?v=mi4AtsakmCY
Aksi Nyata
https://www.youtube.com/watch?v=pnpxByu9v6k&t=80s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar