Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Pada Modul 1.3 ini, kita semua diajak untuk menelusuri visi mendasar dari pendidikan, betapa pentingnya pendidik memiliki visi, dan mengembangkan visi untuk mewujudkan keberpihakan pada murid-murid di daerah kita sehingga mereka bertumbuh dengan maksimal.
Mulai dari diri
“Mari nyatakan visi kita lewat karya!”
Karya 1. Imajiku tentang Muridku di Masa Depan
Karya 2. Merangkai mimpi lewat kata-kata: Melanjutkan tiap kalimat rumpang hingga menjadi satu kalimat atau satu paragraf utuh
https://drive.google.com/file/d/1e4v0rdO34IccLsUyz7FrZECBGcjqp7W5/view?usp=sharing
Eksplorasi Konsep
Di tahap ini, CGP memahami pentingnya melakukan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif. Pendekatan tersebut disingkat BAGJA.
5 Langkah Bagja
Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, dan Atur Eksekusi.
Ruang Kolaborasi
https://drive.google.com/file/d/1MgVkZ4sWgm7JpJHRqIuaeMlaAFgR96kZ/view?usp=sharing
Demontrasi Kontekstual
CGP menerapkan Inkuiri Apresiatif pada kasus yang ditentukan. Dari penerapan BAGJA tersebut, guru mencatat hal baik dan hal menarik dari respon, aktivitas, dan hasil belajar siswa.
https://drive.google.com/file/d/1zuqygFQYAC9wTiyOSDM4x7hoiwbicQiA/view?usp=sharing
Koneksi Antar Materi
Guru membuat rencana perubahan nyata untuk mewujudkan visi pribadi mengenai murid. Guru perlu mempertimbangkan semua materi dan tugas sepanjang modul 1.3 ini menggunakan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif. Guru juga ditantang untuk menunjukkan koneksi dengan materi lain yang relevan di luar modul ini.
https://drive.google.com/file/d/1YXKMeyQSzUm2keVTx-V1aXBOPXh2zjcF/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar